G
N
I
D
A
O
L

VISI MISI TUJUAN DAN STRATEGI

VISI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA

“MENJADI PERGURUAN TINGGI BERBASIS PESANTREN YANG UNGGUL DALAM PENGEMBANGAN KEILMUAN ISLAM DENGAN LANDASAN NILAI AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH PADA TAHUN 2033”

VISI MISI TUJUAN DAN STRATEGI PROGRAM STUDI PBA

VISI

“MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB YANG UNGGUL DAN BERWAWASAN GLOBAL YANG BERLANDASKAN NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH”

MISI

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab yang professional.
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Menginternalisasikan nilai-nilai kepesantrenan dan Ahlussunnah Wal Jama’ah dalam sistem Perguruan Tinggi.
  4. Melaksanakan program dari Kerjasama yang terjalin dengan lembaga pendidikan dan instansi lain pada tingkat regional dan nasional.

TUJUAN

  1. Terwujudnya Pendidikan dan pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Arab yang Profesional.
  2. Terwujudnya penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Arab
  3. Terwujudnya internalisasi nilai nilai kepesantrenan dan Ahlus Sunnah wal Jamaah dalam sistem Perguruan tinggi.
  4. Terlaksananya Program kerjasama dengan lembaga Pendidikan Dan instansi lain pada tingkat regional dan nasional.

STRATEGI

  1. Menjadikan Prodi Pendidikan Bahasa Arab di STITMA Yogyakarta sebagai pusat aktivitas program unggulan (center of excellence) dalam pendidikan bahasa Arab.  
  2. Mendesain sistem perkuliahan yang berbasis Information and Communication Technology (ICT) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.   
  3. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi berlangsungnya proses pembelajaran yang baik dan berkesinambungan.  
  4. Tersedianya tenaga pendidik yang handal dengan kualifikasi Magister dan Doktoral yang relevan dengan ilmu pendidikan bahasa Arab di semua program studi.  
  5. Menyediakan kurikulum yang berorientasi pada perkembangan zaman dan kebutuhan pasar (pengguna), serta mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).  
  6. Membangun budaya penelitian bagi civitas akademika dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilakukan dosen.
  7. Menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar serta pengembangan keterampilan bahasa Arab